Selasa, 15 September 2009

Praktek Mistik di Okinawa, Jepang

Oleh : Paranormal Abah Rahman

Hal semacam inipun masih hidup dengan subur di Propinsi Okinawa, Jepang. Wilayah yang merupakan gugusan yang terbentuk lebih dari seratus pulau besar dan kecil, penduduknya selain terkenal berusia panjang dan memegang teguh tradisi,mereka amat menghormati arwah nenek moyang. Meski medernitas telah membaur sangat kuat, tapi budaya mistikpun masih sangat mengakar dalam kehidupan penduduknya. Bila di telusuri dengan seksama, nuansa magis memang terasa begitu kental menyelimuti daerah yang dahulunya lebih di kenal sebagai Kerajaan Ryukyu. Orang mungkin tak menduga, di daerah ini banyak terdapat lokasi keramat yang di pergunakan sebagai tempat pemujaan roh oleh masyarakat setempat, juga para pendatang yang mempercayai betapa wingit tempat-tempat keramat itu. Tak hanya sampai di satu, peranan dukun dalam kehidupan masyarakat Okinawa juga menduduki tempat teramat penting. Oleh karena itu jangan heran jika di tempat ini ada dukun yang sangat di hormati hingga dirinya banyak di datangi oleh orang-orang dari seluruh Negara Matahari Terbit. Hampir pada setiap tempat di kawasan Okinawa, kita takkan sulit untuk menemukan hutan keramat yang disebut Utaki. Oleh penduduk setempat Utaki di percaya sebagai tempat bersemayamnya kekuatan arwah nenek moyang. Karena begitu keramatnya sampai-sampai benda apapun yang ada di sekitar Utaki tak seorangpun berani mengusiknya. itulah yang menyebabkan, kenapa hutan-hutan tersebut tetap alami. Dan di hutan yang banyak di tumbuhi pepohonan yang tinggi dan berudara sejuk ini mereka melakukan berbagai ritual untuk memuja roh-roh para leluhurnya. Harapannya jelas, mereka memohon agar apa yang di cita-citakan terkabul, diberi umur panjang dan mendapatkan kesejahteraan yang lebih baik.
Begitu seringnya berbagai upacara ritual di adakan, hingga kegiatan tersebut seolah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Okinawa. Hal semacam ini bisa dilihat dengan jelas di Desa Nishibara. Dalam setahu, penduduk desa ini bisa mencapai puluhan kali ritual pemujaan terselenggara. Pada saat-saat seperti ini, tampak sekelompok orang dan para pemimpin upacara atau yang di kenal dengan nama Tsukasa dengan khusuknya membungkuk seraya menegadahkan tangan untuk menyampaikan harat hati pada kekuatan ?kekuatan ghaib guna kelanggengan hidup mereka. Dari sejumlah upacara ritual yang di adakan oleh masyarakat Okinawa, agaknya upacara Ntsumanigai mempunyai keanehan yang tersendiri. Entah apa penyebabnya, dalam kegiatan yang intinya mempersembahkan terima kasih pada dewa-dewa dan roh leluhur atas panen yang berlimpah, mereka tertawa hingga terdengar riuh.Padahal saat itu, seorang Tsukasa tengah melantunkan puji-pujian yang bernada mistis di dekat mereka. Konon para wanita ini tengah mengadakan semacam pesta dengan para arwah leluhur mereka. Disamping tradisi mistik yang sangat kuat keterlibatan dukun dalam kehidupan masyarakat Okinawa, tampaknya sudah berlangsung sejak manusia mendiami bumi kawasan itu. Masyarakat Okinawa mendatangi para dukun yang di sebut Yuta dengan suatu harapan, mereka pasti akan dapat jalan keluar dari berbagai problema kehidupan yang tengah di hadapi. Biasanya spiritualis tersebut akan memberiakn berbagai solusi, antara lain berupa saran ataupun nasehat spiritual yang bisa jadi di dapat melalui petunjuk dari alam ghaib. Ajaib , sekembalinya dari rumah sang spiritualis, tak sedikit pasien yang merasa amat puas dan bergembira karena merasa masalah mereka sudah dapat di atasi.
Demikian setidaknya kepercayaan yang mereka agung-agungkan hingga kini. Saking di hormati peran spiritualis atau dukun di daerah itu, hingga ada seorang Yuta yang di beri gelar sebagai Kankakarya yang berarti manusia milik dewa Sang Yuta adalah seorang wanita separuh baya yang mukim di tengah Laut Cina Timur, tepatnya di pulau kecil Miyako. Dari sekian banyak Yuta di Okinawa, agaknya dialah yang paling Pakar dengan ketenarannya menyelesaikan berbagai macam problem. Hampir semua penghuni pulau tempatnya berdomisili pernah meminta bantuan kepadanya. Bahkan spiritualis wanita yang bernama Nema Tsuruko ini amat di kenal dan begitu di segani oleh hampir seluruh masyarakat Jepang. Dia salah satunya yang mendapat julukan Kankakarya. Kabarnya untuk bertemu dukun ini tidak mudah diperlukan waktu dan biaya yang cukup mahal. Nema dukun bisa menjadi spiritualis terkenal karena sejak kecil ia telah banyak mendapatkan pengalaman rohani, di samping juga pernah menjalani masa-masa latihan penolakan diri, berupaya mencapai prosepsi yang lebih tinggi terhadap bermacam hal yang menyangkut kebatinan. Sementara itu beberapa tempat terkenal dan yang di anggap keramat di Okinawa, di antaranya Harimizu Utaki, sebuah kawasan hutan yang senyap dan masih sangat alami. Hutan yang oleh warga sekitar di percaya sangat angker ini pernah di jadikan tempat oleh Nema untuk melakukan doa-doa demi perdamaian. Selain itu ada juga Bengataki yang berada di dekat kota nada. Di tempat ini riuan orang setiap tahunnya melakukan ritual untuk kesuburan rezeki dan keselamatan. Di samping kedua tempat tersebut, sudah tentu masih ada beberapa tempat keramat lainnya yang juga menyimpan keunikan dan misteri tersendiri. (bbs)

Tidak ada komentar: