Selasa, 01 Desember 2009

Arti Mimpi, Bukan Cuma Ramalan




Oleh : Paranormal Abah Rahman

Barangkali tidak ada fenomena kehidupan mental yang membangkitkan rasa ingin tahu begitu besar selain mimpi. Pria, wanita maupun anak anak di dunia ini pernah punya minat yang besar, ingin tahu arti mimpi yang mereka alami, bahkan sampai ada yang merasa perlu bertanya pada tukang tafsir mimpi. Banyak misteri tersembunyi di balik mimpi, sehingga dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman yang luas untuk bisa mengungkapkan arti mimpi kepada orang yang mengalaminya.
Misteri besar masih menyelimuti fenomena mimpi. Kita akan mencoba menjelaskan sampai sejauh mana fenomena semacam itu dapat dijelaskan secara ilmiah. Manakala belum ada penjelasan ilmiahnya, isi mimpi masih sebatas tafsiran sambil menunggu sampai misteri itu terungkap.
Mimpi berbed dengan aktivitas mental sadar seseorang, sebab mimpi membiarkan kisah apa pun terjadi dalam imajinasi kita. Meski bebas dan spontan, peristiwa dalam mimpi mirip dengan yang ada dalam kehidupan nyata. Mimpi ada dua macam, mimpi siang hari dan mimpi malam hari. Mimpi siang hari terjadi ketika orang dalam keadaan terjaga, sementara mimpi malam hari datng ketika orang sedang tidur.
Mimpi siang hari biasa terjadi pada anak anak, terutama di masa remaja, ketika mereka belum memiliki banyak pengalaman hidup. Terkadang mimpi siang hari mengambil bentuk yang serius, biasanya terjadi ketika seorang remaja kehilangan sentuhan dengan dunia nyata dan lebih suka berada dalam dunia fantasinya seorang diri. Mimpi siang hari ada tiga jenis. Pertama, mimpi siang hari yang menyenangkan. Kedua, mimpi siang hari yang berkaitan dengan kekuasaan. Ketiga, mimpi siang hari yang menimbulka rasa cemas. Mimpi jenis kedua membawa si pelaku mimpi memuaskan hasratnya akan kepemimpinan dan penampilan diri yang sangat dominan dalam pikiran anak anak. Tipe ketiga menggambarkan si pelaku mimpi sebagai anak yang cenderung suka cemas tanpa alasan yang logis. Hal itu menimbulkan kecenderungan suka memikirkan hal yang sedih sedih.
Jadi dapat disimpulkan, fenomena mimpi sangat sulit diinterpretasikan secara tepat. Kebanyakan mimpi memenuhi keinginan terpendam kita, tapi sebagian lagi meramalkan masa depan. Peristiwa masa depan sering tersurat dalam mimpi. Maka dapat dikatakan, kadang mimpi juga berisi ramalan tentang peristiwa yang akan teradi di waktu yang akan datang. (*)

Tidak ada komentar: